cara pemberian pakan ikan koi

Cara Memberi Pakan Ikan Koi Dalam budidaya ikan koi kita harus selalui memperhatikan berbagai macam hal yang berkaitan dengan perawatan koi, mulai dai Pemberian pakan koi, pemilihan induk, kolam, dan pemijahannya, karena faktor-faktor inilah penentu berhasilnya budidaya kita, nah kli ini kami akan membahas Cara Pemberian Pakan Pada Ikan koi, berikut uraian artikelnya.

Ikan koi membutuhkan asupan gizi yang cukup agar dapat bertahan hidup dalam kondisi cuaca yang tidak menentu. Gizi yang dibutuhkan, dapat diberikan melalui makanan dengan berbagai variasi. Misalnya makanan yang alami ataupun makanan buatan. Makanan Koi juga harus mengandung suplemen yang bisa diperoleh dari jenis sayur-sayuran, roti, cacing, atau bisa juga buah-buahan tertentu.

Untuk menjaga kualitas kesehatan Ikan Koi tetap bagus, yang perlu anda lakukan adalah menjaga kualitas makanan dan cara tepat dalam pemberian makanan. Makanan yang disimpan diusahakan jangan sampai lebih dari tiga bulan. Karena jika disimpan dalam waktu yang terlalu lama akan menimbulkan oksidasi yang dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan ikan koi.

Cara Pemberian Pakan Pada Ikan Koi

Tips Cara Memberi Pakan Ikan Koi

Cara memberi pakan ikan Koi menjadi hal yang juga perlu diperhatikan. Perlu diingat bahwa makanan yang diberikan harus habis dalam waktu yang tidak begitu lama. Misalnya dalam lima menit, makanan harus langsung habis. Artinya makanan yang anda berikan tidak terlalu banyak, yang akan menyebabkan ikan koi kekenyangan dan justru akan mati.

Selain itu, jika ikan koi terlalu banyak makan maka produksi kotoran yang dihasilkan juga manjadi semakin banyak dan hal itu dapat mencemari lingkungan tempat ikan koi hidup. Pencemaran ini dapat menyebabkan ikan koi sendiri merasa tidak nyaman, stress, dan mati pada akhirnya.

Makanan Ikan Koi

Di samping itu, hindari pemberian makanan secara tiba-tiba dengan merk yang tidak biasanya diberikan pada koi tersebut. Perubahan makanan itu membuat koi sulit beradaptasi. Oleh karena itu, perlu waktu untuk merubahnya secara perlahan. Pertama dengan memberikan sedikit campuran makanan baru pada makanan lama, baru kemudian makanan baru bisa diberikan tanpa campuran makanan yang lama setelah dirasa koi mampu beradaptasi dan mau memakan makanannya yang baru.

Makanan yang baik untuk ikan koi baik untuk budidaya maupun pehoby saja, sebaiknya mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin, karena pemberian pakan ini akan berdampak pada proses pertumbuhan dan mempengaruhi keindahan warna ikan.

Frekuensi Pemberian Pakan Koi

Kesalahan Dalam Pemberian Pakan Pada Budidaya Koi

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam memberikan makanan pada ikan koi adalah memperhatikan iklim pada saat tersebut, dan suhu pada air kolam. Dalam kondisi suhu rendah yang perlu anda lakukan adalah mengurangi frekuensi pemberian makanan. Demikian artikel tentang cara memberi pakan ikan koi. Nah untu

k frekuensi sendiri bisa ditentukan berdasarkan iklim yang berpengaruh pada kondisi suhu air, berikut ini rinciannya :

  • Tingkat metabolisme tertinggi ketika suhu air sekitar 22-26° C. Dalam kondisi ini mereka diberi makanan 3 – 4 kali dalam sehari dengan pakan yang mengandung tinggi protein.
  • Ketika suhu air sekitar 18-22° C, Dalam kondisi suhu seperti ini pemberian pakan cukup 1-2 kali dalam sehari dengan kandungan protein 40%.
  • Pada suhu sekitar 16° C, berilah makan ikan hanya sekali sehari. Dengan kandungan protein sekitar 30% saja dan bisa dicampur dengan bahan lain seperti sayuran.
  • Ketika suhu menurun hingga 15° C, beri makan cukup sekali dalam sehari dan dalam kurun waktu satu minggi hanya diberi enam kali. Dengan kadar protein 25% dan bisa dicampur dengan bahan lain yang tinggi karbohidrat
  • Dengan pengurangan lebih lanjut pada suhu di bawah 15° C, ikan koi harus diberi makan 4-5 kali dalam seminggu, hanya jika mereka lapar.

Kesalahan Dalam Pemberian Pakan Pada Budidaya Koi

Agar ikan bisa tumbuh dengan sehat, maka harus diperhatikan juga beberapa langkah tepat dalam pemberian pakannya, jangan sampai kita melakukan beberapa kesalahan dalam pemberian pakan, karena bisa-bisa ikan akan setres, bahkan mati, atau menjadikan proses pertumbuhannya terganggu. Berikut ini beberapa kesalahan pemberian pakan, Interfalnya teralalu sering, bisa dibaca poin sebelumnya, pemberian pakan yang berganti-ganti, pemberian pakan yang berlebihan, dan pemberin terlalu banyak suplemen.
Nah itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk pemberian pakan ikan koi, jika anda berkenan baca juga cara super pembuatan pakan ikan koi alami ,semoga bermanfaat, trimakasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s